Wawancara Kerja Via Telepon: Ini Dia Tips & Triknya!

publikasirilis.com – Wawancara kerja via telepon semakin banyak dilakukan oleh perusahaan dalam proses seleksi karyawan. Selain efektif, wawancara via telepon juga lebih efisien dan hemat biaya. Namun, wawancara via telepon memiliki tantangan tersendiri bagi para pelamar kerja. Oleh karena itu, diperlukan tips dan trik dalam menghadapi wawancara kerja via telepon agar dapat memberikan kesan yang baik kepada pewawancara. Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam menghadapi wawancara kerja via telepon.


Wawancara Kerja Via Telepon: Ini Dia Tips & Triknya!

Pendahuluan

Wawancara kerja via telepon adalah cara yang umum digunakan oleh perusahaan dalam proses rekrutmen. Selain lebih efisien dan hemat waktu, wawancara via telepon juga memungkinkan perusahaan untuk menjangkau kandidat dari berbagai kota atau bahkan negara. Namun, wawancara via telepon juga memiliki tantangan tersendiri. Berikut adalah tips dan trik untuk menghadapi wawancara kerja via telepon.

Persiapan Sebelum Wawancara

Sebelum menjalani wawancara via telepon, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, pastikan lingkungan sekitar Anda tenang dan tidak bising. Matikan televisi dan radio, tutup jendela dan pintu, serta beri tahu keluarga atau teman Anda untuk tidak mengganggu selama wawancara berlangsung. Kedua, pastikan sinyal telepon Anda stabil dan suara Anda jelas terdengar. Jika memungkinkan, gunakan headset untuk menghindari gangguan suara dari latar belakang.

Penampilan

Meskipun wawancara via telepon tidak memerlukan penampilan formal seperti wawancara tatap muka, tetaplah berpakaian rapi dan profesional. Ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri dan serius dalam menjalani wawancara.

Siapkan Pertanyaan

Sebelum wawancara, siapkan pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh pewawancara. Carilah informasi tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar sehingga Anda bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Jangan lupa untuk juga menyiapkan beberapa pertanyaan untuk pewawancara, ini menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Bicara dengan Jelas dan Tegas

Ketika menjawab pertanyaan, bicaralah dengan jelas dan tegas. Hindari mengulang-ulang kata atau mengucapkan kata-kata filler seperti “uhm” atau “eh”. Jangan lupa untuk menunjukkan antusiasme dan ketertarikan Anda pada posisi yang Anda lamar.

Terima Kasih dan Follow-Up

Setelah wawancara selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara. Tanyakan kapan Anda bisa mengetahui hasil wawancara dan jangan ragu untuk melakukan follow-up jika dalam waktu yang telah ditentukan belum ada kabar dari perusahaan. Ini menunjukkan bahwa Anda memang benar-benar tertarik dengan posisi tersebut.

Kesimpulan

Wawancara kerja via telepon bisa menjadi tantangan tersendiri, tetapi dengan persiapan dan tips di atas, Anda bisa menghadapinya dengan baik. Ingatlah untuk tetap tenang dan percaya diri, dan tunjukkan antusiasme Anda pada posisi yang Anda lamar. Semoga berhasil!

Dalam era digital seperti saat ini, wawancara kerja via telepon menjadi semakin populer. Namun, wawancara ini tidaklah mudah karena Anda harus bisa memberikan kesan yang baik hanya lewat suara. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum wawancara dimulai. Mulai dari memeriksa koneksi internet, memastikan nomor telepon yang digunakan, hingga menguasai informasi tentang perusahaan. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara mental agar bisa tetap tenang dan percaya diri selama wawancara. Semoga tips dan trik dalam artikel ini dapat membantu Anda meraih sukses dalam wawancara kerja via telepon. Selamat mencoba!