Pajak PPh 21: Berikut 7 Alasan Kenapa Kita Harus Membayarnya

Publikasirilis.com – Pajak Penghasilan (PPh) 21 adalah pajak yang dikenakan pada penghasilan pegawai yang diterima dari pemberi kerja. Sebagai warga negara yang baik, membayar pajak PPh 21 adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya membayar pajak PPh 21 secara lengkap. 

Menjaga Kepatuhan 

Pentingnya membayar pajak PPh 21 adalah untuk menjaga kepatuhan terhadap hukum. Membayar pajak merupakan kewajiban wajib bagi setiap warga negara, dan tidak membayar pajak bisa menyebabkan masalah dengan hukum. Sebagai warga negara yang baik, menjaga kepatuhan terhadap hukum adalah sangat penting. 

Membantu Pemerintah 

Membayar pajak PPh 21 juga sangat penting untuk membantu pemerintah dalam membiayai berbagai program dan proyek pembangunan yang dilakukan. Pajak yang dibayarkan oleh warga negara akan digunakan oleh pemerintah untuk berbagai program sosial dan infrastruktur yang ada di Indonesia. Dengan membayar pajak, kita secara tidak langsung membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

Membantu Ekonomi 

Selain membantu pemerintah dalam membiayai berbagai program dan proyek pembangunan, membayar pajak PPh 21 juga bisa membantu perekonomian negara.

Melalui pajak yang dibayarkan, pemerintah bisa mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, seperti memberikan insentif pajak kepada sektor-sektor tertentu yang dianggap penting. 

Meningkatkan Kredibilitas 

Membayar pajak PPh 21 juga bisa meningkatkan kredibilitas kita sebagai individu atau perusahaan. Dalam dunia bisnis, kredibilitas sangat penting untuk membangun hubungan baik dengan mitra bisnis, pelanggan, dan pihak lain yang terkait dengan bisnis kita.

Dengan membayar pajak, kita menunjukkan bahwa kita adalah individu atau perusahaan yang bertanggung jawab dan patuh terhadap hukum.

Menghindari Sanksi 

Tidak membayar pajak PPh 21 bisa menyebabkan sanksi dari pihak berwenang. Sanksi ini bisa berupa denda atau bahkan tuntutan pidana. Oleh karena itu, membayar pajak PPh 21 adalah cara terbaik untuk menghindari sanksi dari pihak berwenang. 

Memudahkan Pengajuan Kredit 

Membayar PPh 21 juga bisa memudahkan kita dalam pengajuan kredit. Bank dan lembaga keuangan biasanya meminta bukti pembayaran pajak sebagai salah satu syarat dalam pengajuan kredit. Dengan membayar pajak, kita bisa memenuhi syarat ini dan memudahkan pengajuan kredit.

Meningkatkan Kepedulian Sosial 

Membayar pajak PPh 21 juga bisa meningkatkan kepedulian sosial kita sebagai warga negara. Melalui pajak yang dibayarkan, pemerintah bisa memberikan bantuan sosial kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan. Dengan begitu secara tidak langsung, kita telah berkontribusi pada perbaikan kualitas hidup masyarakat.

Bagaimana, sudah jelas bukan mengapa membayar PPh 21 itu penting? Masih malas juga untuk membayar PPh 21? Tentunya jangan ya. Apalagi jika Anda malas membayar PPh 21 hanya karena merasa mekanisme pembayarannya yang tergolong rumit. Jika memang seperti itu, maka Anda harus berkenalan dengan Appsensi. 

Appsensi sendiri merupakan aplikasi absensi mobile yang memberikan solusi manajemen untuk usaha kecil dan menengah seperti retail, bisnis swasta, makanan dan minuman serta layanan lainnya. Selain fungsinya sebagai aplikasi absensi mobile, Appsensi juga memiliki fitur unggulan lain yang dapat membantu Anda dalam proses pembayaran PPh 21 secara otomatis. 

“Sampai hari ini, Appsensi sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan dan instansi pemerintah sebagai mitra dalam perhitungan PPh 21 yang sudah terintegrasi dalam layanan payroll karyawan. Sebagai salah satu penyedia jasa payroll online, Appsensi membantu para HRD dalam menghitung dan memudahkan pemotongan PPh 21 karyawan.” Ujar Ricky Caesar Sam selaku Head of Sales and Marketing Appsensi.

Melalui Appsensi, perhitungan PPh 21 setiap karyawan tentunya akan menjadi lebih tepat dan akurat sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku dan terupdate. Melalui adanya sistem yang terintegrasi dengan absensi karyawan, Appsensi memungkinkan terciptanya kemudahan dalam perhitungan gaji yang turut serta mengefektifkan perhitungan PPh 21.

Dengan pembayaran secara otomatis ini, pembayaran PPh 21 pun pastinya menjadi lebih mudah dan dijamin tidak akan membuat kerepotan. Jadi tunggu apalagi, segera bayar PPh 21 Anda secara otomatis melalui Appsensi.