Intip Besaran Gaji Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jepang Tahun 2023

Publikasirilis, Gaji TKI di Jepang – Semua orang pasti mengetahui bahwa Jepang adalah salah satu negara yang sangat maju di Asia, terutama dalam bidang teknologi. Seorang YouTuber terkenal asal Indonesia yang bekerja sebagai TKI di sektor pabrik di Jepang berbagi pengalaman kerjanya di sana.

Menurutnya, gaji TKI di Jepang sangat mengesankan, didukung oleh banyaknya peluang kerja di berbagai sektor industri. Untuk lebih rinci mengenai besaran gaji TKI di Jepang, kami telah merangkumnya sebagai berikut:

Memahami Negara Jepang

Jepang adalah negara kepulauan di Asia Timur yang terletak di ujung barat Samudra Pasifik. Negara ini berbatasan dengan Tiongkok, Korea Selatan, dan Rusia serta memiliki sekitar 6.852 pulau besar dan kecil. Beberapa pulau utama Jepang termasuk Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu.

Jepang memiliki luas wilayah sekitar 377.915 km2 dan populasi sekitar 124.687.293 jiwa. Negara ini memiliki sistem monarki konstitusional di mana Kaisar Jepang memiliki peran simbolis dan menyatukan rakyat. Pemerintahan sebenarnya dijalankan oleh Perdana Menteri Jepang dan anggota Parlemen terpilih. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Jepang, dan mata uangnya adalah Yen (¥).

Di mata orang Indonesia, Jepang dikenal dengan budaya sopan santun dan keramahan warganya terhadap TKI dan TKW. Jepang memiliki empat musim yang berbeda dalam setahun: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Peluang Kerja di Jepang

Jepang menawarkan banyak peluang kerja bagi TKI, terutama di sektor manufaktur dan pertanian, yang banyak diminati oleh pekerja migran Indonesia. Namun, ada juga peluang kerja lain yang menarik, terutama jika Anda memiliki keterampilan khusus dan pendidikan tinggi.

Tidak hanya pekerjaan di industri, ada juga TKI yang bekerja sebagai PRT atau dalam pekerjaan lain dengan ijazah SD/SMP. Oleh karena itu, Jepang adalah pilihan yang baik bagi TKI dan TKW untuk mencari penghidupan.

Biaya Hidup di Jepang

Sebagai PMI di Jepang, penting untuk memahami perkiraan biaya hidup selama tinggal di sana. Beberapa faktor yang memengaruhi biaya hidup TKI di Jepang meliputi:

  • Tempat Tinggal
  • Makanan dan Minuman
  • Transportasi
  • Komunikasi
  • Belanja Bulanan
  • Kesehatan dan Perawatan Diri
  • Rekreasi dan Hiburan (opsional)

Dengan memahami elemen-elemen ini, Anda dapat memperkirakan biaya bulanan yang diperlukan. Secara umum, untuk mencukupi kebutuhan hidup di Jepang, diperlukan sekitar ¥202.245 per bulan atau sekitar Rp22.000.000 jika dirupiahkan. Meskipun biaya hidup di Jepang mungkin terlihat tinggi, gaji TKI di sana bisa jauh lebih besar. Perlu diingat bahwa biaya hidup dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup individu.

Berapa Gaji TKI di Jepang?

Besaran gaji TKI di Jepang bervariasi berdasarkan wilayah dan sektor pekerjaan. Perhitungan gaji di Jepang berbeda dengan di Indonesia, karena mereka menggunakan perhitungan berdasarkan jam kerja. Sebagai contoh, TKI yang bekerja di sektor pabrik dapat menerima gaji ¥1.013 atau sekitar Rp110.000 per jam.

Dengan jam kerja 6 hingga 8 jam sehari, ini berarti mereka dapat menghasilkan sekitar Rp880.000 per hari, atau sekitar Rp26.400.000 per bulan. Menurut penelusuran UpahKerja, gaji TKI di Jepang berkisar antara Rp8.000.000 hingga Rp58.250.000 per bulan, tergantung pada sektor dan lokasi kerja.

Gaji TKI di Jepang untuk Berbagai Profesi

Berikut adalah tabel yang menampilkan gaji TKI di Jepang untuk berbagai profesi. Harap dicatat bahwa gaji yang tercantum belum termasuk bonus dan tunjangan lainnya.

No.ProfesiGaji/Bulan
1AdministrasiRp28.500.000
2Administrasi PublikRp33.300.000
3AgrikulturRp31.250.000
4Awak Kapal Perikanan MigranRp10.500.000
5BankingRp36.350.000
6Buruh UmumRp32.400.000
7Customer SupportRp22.200.000
8E-CommerceRp25.800.000
9Ekonomi, Keuangan, AkuntansiRp30.100.000
10Electrical dan Power EngineerRp29.300.000
11Hukum dan LegislasiRp42.250.000
12Industri FarmasiRp26.600.000
13Industri JasaRp35.100.000
14Industri KimiaRp29.700.000
15Industri MobilRp25.320.000
16Industri Pengolahan KayuRp20.210.000
17Industri TekstilRp18.300.000

Keuntungan Menjadi TKI di Jepang

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan menjadi TKI di Jepang, termasuk:

  1. Penghasilan Tinggi: Gaji yang tinggi membalas dedikasi dan usaha TKI di perusahaan-perusahaan Jepang.
  2. Eksplorasi Budaya Jepang: TKI di Jepang dapat menjelajahi budaya langsung, seperti kuliner dan tempat wisata yang unik.
  3. Pembentukan Sumber Daya Manusia Unggul: Lingkungan kerja Jepang yang disiplin dapat membantu meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja TKI.
  4. Peningkatan Ilmu dan Pengalaman: Bekerja di Jepang memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman dalam berbagai bidang.

Cara Menjadi TKI di Jepang

Ada dua cara utama untuk menjadi TKI di Jepang:

  1. Melalui Jalur Pemerintah: Melalui kerjasama antara Kemnaker RI dan IM Japan, TKI dapat mendaftar melalui jalur ini. Mereka akan menjalani pelatihan dan ditempatkan sesuai kebutuhan perusahaan di Jepang. Subsidi pemerintah juga tersedia untuk mengurangi biaya hidup.
  2. Melalui Jalur Swasta: TKI juga dapat mendaftar melalui LPK yang telah memiliki izin operasional. Prosesnya lebih cepat, tetapi ada biaya yang harus ditanggung oleh TKI, dan mereka tidak mendapatkan bantuan modal setelah pulang ke Indonesia.

Syarat Kerja di Jepang

Untuk menjadi TKI di Jepang, calon TKI harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Minimal lulusan SMA/SMK atau setara
  • Diutamakan lulusan D3/S1 dalam bidang tertentu
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, dengan berat badan ideal
  • Tidak memiliki riwayat penyakit serius atau disabilitas
  • Tidak dalam ketergantungan narkotika atau obat-obatan terlarang
  • Bersedia dan mampu mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang sebelum berangkat.

Berkas yang diperlukan untuk pendaftaran meliputi

  • KTP
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Akta kelahiran
  • Surat keterangan status perkawinan
  • Dan berbagai dokumen lainnya.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang besaran gaji TKI di Jepang untuk berbagai profesi. Jepang menawarkan gaji yang kompetitif, terutama dalam industri teknologi. Prosedur pendaftaran TKI di Jepang dapat dilakukan melalui jalur pemerintah atau jalur swasta, dengan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Keputusan menjadi TKI di Jepang dapat membuka peluang penghasilan tinggi, eksplorasi budaya, pembentukan sumber daya manusia unggul, dan peningkatan ilmu dan pengalaman.