Geographic Information System: Berikut 5 Manfaat Pengimplementasiannya Dalam Berbagai Bidang

Publikasirilis.comGeographic Information System atau yang biasa dikenal sebagai GIS adalah sebuah sistem informasi yang dibuat berdasarkan data spasial. Dengan kata lain Geographic Information System merupakan integrasi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan data spasial yang diolah oleh sumber daya manusia guna menganalisis, mengelola, dan menyajikan sebuah informasi berdasarkan kondisi geografis sebuah wilayah.

Geographic Information System sendiri kini sudah menjadi tools yang sangat penting dalam pemetaan di berbagai bidang. Dalam pemetaan, GIS digunakan untuk memetakan data geografis, menganalisis data tersebut, dan memvisualisasikannya dalam bentuk peta digital.

Selain berfungsi sebagai tools dalam pembuatan peta, GIS juga memiliki output lain seperti grafik, tabel, infografik, dan website. Namun dalam artikel ini, kita akan fokus membahas tentang penggunaan GIS dalam pemetaan, serta manfaat yang dapat diperoleh melalui penggunaannya.

Salah satu bidang yang mengimplementasikan penggunaan GIS dalam pemetaan adalah sektor yang berkaitan dengan lingkungan. Dalam hal ini, Geographic Information System dapat membantu memetakan kualitas lingkungan di suatu wilayah, seperti kualitas air atau udara, serta pola penyebaran limbah.

Informasi ini akan sangat berguna saat pengguna ingin mengidentifikasi wilayah yang memerlukan perhatian khusus dalam pengelolaan lingkungan, serta merencanakan tindakan pencegahan dan rehabilitasi yang tepat. Selain dalam sektor lingkungan ternyata penggunaan GIS sudah sangat melekat dalam berbagai aspek, diantaranya adalah:

Transportasi

Geographic Information System juga sangat berguna dalam pemetaan jalan dan transportasi. Dalam hal ini, GIS dapat membantu untuk memetakan jaringan jalan, menentukan rute transportasi yang efisien, dan menghitung jarak serta waktu tempuh. Informasi ini sangat bermanfaat dalam perencanaan transportasi publik dan manajemen logistik  barang, serta membantu dalam pengambilan keputusan dalam bidang transportasi.

Mitigasi Bencana Alam

Penggunaan GIS juga dapat membantu dalam mitigasi risiko bencana alam. Dalam hal ini, GIS dapat digunakan untuk memetakan wilayah yang rentan terhadap bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, dan tanah longsor. Informasi ini dapat digunakan untuk merencanakan tindakan pencegahan dan mitigasi risiko, serta memfasilitasi proses evakuasi penduduk dalam situasi darurat.

Pertanian

Selain itu, Geographic Information System juga dapat digunakan dalam bidang pertanian untuk memetakan kondisi tanah dan cuaca, serta memperkirakan hasil panen. Hal ini dapat membantu petani untuk mengolah tanah dengan lebih efisien dan mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi perubahan cuaca atau kondisi lingkungan.

Infrastruktur

Dalam bidang arsitektur dan pembangunan, Geographic Information System juga dapat digunakan untuk memetakan lahan yang tersedia, menentukan zona – zona pembangunan, dan memperkirakan dampak pembangunan pada lingkungan sekitar. Informasi ini sangat berguna dalam perencanaan dan pengembangan kawasan perkotaan.

Sains

Dalam bidang sains dan penelitian, GIS dapat digunakan untuk memetakan pola-pola migrasi hewan, perubahan suhu, dan sebaran spesies tanaman. Informasi ini dapat digunakan untuk memahami interaksi antara organisme dan lingkungan, serta merencanakan tindakan konservasi yang tepat.

Pada dasarnya Geographic Information System adalah alat yang sangat penting dalam pemetaan di berbagai bidang. Penggunaan GIS dapat membantu dalam pemetaan lingkungan, transportasi, mitigasi risiko bencana alam, pertanian, arsitektur dan pembangunan, serta sains dan penelitian. Untuk itulah memilih partner dalam mengimplementasikan GIS harus dilakukan dengan hati Рhati. 

Sebagai premier partner Google Maps, Terralogiq telah bekerja sama dengan lebih dari 150 klien dalam pengaplikasian Geographic Information System. Dengan kemampuan untuk memvisualisasikan data geografis dengan lebih akurat dan efektif. Terralogiq dapat membantu perusahaan Anda dalam penggunaan GIS agar pengambilan keputusan dapat berjalan dengan lebih efektif guna menyelesaikan permasalahan perusahaan yang berkaitan dengan poin – poin diatas.