7 Cara Menyusun CV yang Menarik Perhatian HRD

publikasirilis.com – Curriculum vitae atau CV merupakan dokumen penting dalam mencari pekerjaan. CV yang baik dan menarik perhatian HRD dapat meningkatkan peluang untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Namun, menyusun CV yang baik dan menarik tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar CV kita dapat memikat perhatian HRD. Dalam artikel ini, akan dijelaskan 7 cara menyusun CV yang menarik perhatian HRD. Mari simak bersama-sama!


7 Cara Menyusun CV yang Menarik Perhatian HRD

CV adalah salah satu elemen penting dalam mencari pekerjaan. CV yang menarik perhatian HRD akan meningkatkan peluang untuk dipanggil interview. Berikut adalah 7 cara menyusun CV yang menarik perhatian HRD:

1. Gunakan format yang sesuai

Pilih format yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar. Jangan terlalu banyak menggunakan warna atau gambar yang tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pastikan CV terlihat profesional dan mudah dibaca.

2. Buat ringkasan singkat tentang diri Anda

Buat ringkasan singkat tentang diri Anda di bagian awal CV. Tuliskan pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hal ini akan memudahkan HRD untuk melihat kualifikasi Anda secara ringkas.

3. Jelaskan pengalaman kerja dengan detail

Jelaskan pengalaman kerja dengan detail, termasuk jabatan, tanggung jawab, dan pencapaian yang telah dihasilkan. Jangan lupa cantumkan tanggal mulai dan selesai bekerja. Hal ini akan membuat HRD lebih tertarik pada pengalaman kerja Anda.

4. Cantumkan keterampilan yang dimiliki

Cantumkan keterampilan yang dimiliki, baik itu keterampilan teknis maupun non-teknis. Jangan hanya menuliskan keterampilan yang umum dan biasa dimiliki banyak orang. Sebutkan keterampilan yang unik dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.

5. Sertakan penghargaan atau sertifikat yang pernah didapatkan

Jika pernah mendapatkan penghargaan atau sertifikat yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, sertakan dalam CV. Hal ini akan menambah nilai tambah pada CV Anda.

6. Buat CV sesuai dengan posisi yang dilamar

Buat CV sesuai dengan posisi yang dilamar. Jangan hanya mengirimkan CV yang sama untuk berbagai posisi. Sesuaikan CV dengan persyaratan dan kebutuhan posisi yang dilamar.

7. Periksa dan edit kembali CV Anda

Sebelum mengirimkan CV, periksa dan edit kembali CV Anda. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau penulisan yang salah. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang teliti dan memperhatikan detail.

Dengan mengikuti 7 cara menyusun CV yang menarik perhatian HRD di atas, peluang Anda untuk dipanggil interview akan meningkat. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti interview.

Dalam menyusun CV yang menarik perhatian HRD, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti memilih format yang sesuai, menonjolkan keahlian dan pengalaman, serta menambahkan informasi yang relevan. Selain itu, pastikan CV Anda bersih dari kesalahan ejaan dan tata bahasa yang baik. Hal ini akan memberikan kesan yang positif kepada HRD tentang kemampuan Anda dalam berkomunikasi secara tertulis. Terakhir, jangan lupa untuk menyesuaikan CV dengan posisi yang dilamar dan perusahaan yang dituju. Semoga tips-tips ini dapat membantu Anda dalam menyusun CV yang menarik perhatian HRD dan memperoleh pekerjaan yang diinginkan.